TAHAPAN / LANGKAH-LANGKAH PENGUKURAN PARAMETER TEKNIS FREKUENSI RADIO SIARAN FM DENGAN MENGGUNAKAN SPECTRUM ANALYSER

Pengukuran Parameter teknis Radio Siaran FM (± 200 m dilokasi Pemancar) meliputi :

  1. Pengukuran Center Frekuensi (CF)
  2. Pengukuran pita frekuensi (bandwidth) yang diduduki.
  3. Pengukuran Frekuensi Harmonisa
  4. Pengukuran Deviasi frekuensi (Modulasi FM).
  1. 1. Langkah Pengukuran Center Frekuensi (CF) :

  1. a. Tekan tombol Marker, Tekan Tombol Frekuensi Center, Pilih menu Center Frekuensi pada sisi layar , tekan  tombol menu center frekuensi ,  pilih frekuensi yang akan diukur misalkan frekuensi 87.600, kemudian  tekan satuan frekuensi (KHz, MHz, GHz)

  1. b. Tekan tombol Span , kemudian pilih lebar pita sesuai kebutuhan : Contoh:

Apabila lebarband dari pemancar radio ± 372 KHz, maka span harus diatur lebih besar  dari lebar band yang diduduki  (± 400 – 500 KHz) dengan tujuan agar spectrum yang ditampilakan hanya  frekuensi yang diukur .

  1. c. Tekan Tombol Amplitude, kemudian tekan menu Ref Level pada sisi layar , atur ref level sampai gambar yang ditampilkan pada spectrum analyzer maximal.

  1. d. Tekan Tombol BW (Agilent) pilih menu Resulution bandwidth (RBW) dan Video bandwidth (VBW) pada sisi layar.

Pada Spectrum analyser Advantest untuk mendapatkan menu RBW dan VBW terlebih dahulu menekan tombol CPL

Catatan :

  • Untuk Pengukuran Radio Siaran :

RBW pada 3KHz,

VBW dapat dipilih 1KHz, 300 Hz, atau 100 Hz. (tujuan agar gambar yang ditampilkan dapat linier sehingga apabila melakukan pengukuran Bandwdith peletakan delta marker dapat segaris ( 0 dB )

  1. Tekan Tombol Trace, pilih menu maxhold pada sisi layar, kemudin tekan tombol maxhold, jika telah mendapatkan level signal maximal (± 3 x scan  time)  tekan tombol View untuk menghentikan scan time.

Kemudian Baca hasil pengukuran center frekuensi dan kuat signal frekuensi pada sudut kanan atas.

  1. 2. Langkah Pengukuran Bandwidth :

Biarkan spectrum analyser pada kondisi seperti langkah pertama diatas.

Untuk melakukan pengukuran Bandwidth hanya tinggal melanjutkan dengan melakukan langkah sebagai berikut :

  1. Tekan tombol marker, atur marker kekiri sampai marker pada posisi frekuensi terendah   (0.5 % dari BW yang diduduki )
  1. Tekan tombol delta marker, atur delta marker segaris dengan delta marker sebelah kiri atau delta marker yang sedang diatur mencapai 0 dB atau yang terdekat dengan 0 dB ( 0 dB dapat dicapai apabila gambar spectrum benar- benar halus)

Kemudian baca hasil pengukuran Bandwidth pada  sudut  kanan atas

  1. 3. Langkah Pengukuran Harmonisa :

Pengukuran Harmonisa I :

  1. Tekan tombol marker, tekan tombol normal yang ada disisi layar pindahkan marker pada puncak frekuensi carrier (fc), nilai level harus sama dengan nilai level pada pengukuran center frekuensi.
  2. Tekan tombol delta marker, kemudian tekan tombol center frekuensi, pilih frekuensi sesuai butir a.
  3. Tekan tombol Trace, pilih trace 2 pada menu yang ada disisi layar, kemudian tekan tombol Clear Write yang terdapat pada menu disisi layar.
  4. Pilih frekuensi harmonisa yang akan diukur, tekan tombol trace, kemudian tekan tombol maxhold yang ada pada menu yang ada disisi layar, kemudian tekan tombol single untuk menghentikan scan time pada layar, baca hasil pengukuran pada sudut kanan atas dan baca pula frekuensi harmonisa pada sisi kiri bawah (Center)

Pengukuran Harmonisa II :

  1. Untuk pengukuran harmonisa (H2)  terlebih dahulu scan time harus diaktifkan dengan menekan tombol sweep, kemudian tekan tombol sweep time yang ada pada menu disisi layar pada menu sweep time terdapat dua pilihan perintah yang bergaris bawah pilih Cont untuk mengaktifkan scan time.
  2. Pilih frekuensi harmonisa (H2) yang akan diukur, tekan tombol trace, kemudian tekan tombol maxhold yang ada pada menu yang ada disisi laya, kemudian tekan tombol single untuk menghentikan scan time pada layar, baca hasil pengukuran pada sudut kanan atas dan baca pula frekuensi harmonisa pada sisi kiri bawah (Center)

  1. 4. Pengukuran Modulasi :

  1. Tekan tombol Marker, Tekan Tombol Frekuensi Center, Pilih menu Center Frekuensi pada sisi layar , tekan  tombol menu center frekuensi ,  pilih frekuensi yang akan diukur misalkan frekuensi 87.600, kemudian  tekan satuan frekuensi (KHz, MHz, GHz)
  1. Tekan tombol Span , kemudian pilih lebar pita sesuai kebutuhan : Contoh:

Apabila lebarband dari pemancar radio ± 372 KHz, maka span harus diatur lebih besar  dari lebar band yang diduduki  (± 400 – 500 KHz) dengan tujuan agar spectrum yang ditampilakan hanya  frekuensi yang diukur .

  1. Tekan Tombol BW (spa agilent), Tekan tombol CPL (spa Advantest)
  2. Pilih EMI BW pada menu yang ada disisi layar kemudian pilih BW 120   KHz dengan menekan tombol angka 120 KHz yang ada pada menu disisi layar (spa Agilent, kemudian tekan tombol BW pilih menu VBW kemudian pilih VBW auto, atau VBW 300 KHz

Untuk SPA Advantest, setelah menekan tombol CPL pilih BW kemudian pilih RBW  100 KHz, VBW 300 KHz.

  1. Tekan tombol marker, kemudian pilih menu delta marker pada sisi layar, kemudian atur delta marker kekanan atau kekiri sampai batas frekuensi  ripel atau lengkungan spectrum.

Hasil Pengukuran dapat dibaca                                    hasil pengukuran 1/ 2

Langsung pada sudut   Kanan atas.

PENGUKURAN TELEVISI SIARAN

Untuk Pengukuran parameter frekuensi Televisi siaran langkah yang digunakan sama dengan pengkuran Radio siaran, namun karena frekuensi Carrier terdiri dari empat Carrier frekuensi :

  • Frekuensi Video
  • Frekuensi Sinkronisasi gambar.
  • Frekuensi Audio Analog dan
  • Frekuensi Nicam Stereo

Maka  untuk menampilkan hasil ukur untuk kuat signal (level) maka nilai level dapat dibaca dengan menggunakan tabel marker ,

Untuk pengukuran Bandwidth (MHz), kuat signal (dBm) dan Center frekuensi (MHz) :

Span                    : diatur ± 10 MHz

RBW                    : 3KHz   atau maximal 10 KHz

VBW                     : 100 Hz,300 Hz maximal 1KHz

SPA  AGILENT

1)    Pilih tombol Marker

2)    Pilih menu marker pada sisi layar, pada menu marker terdapat empat angka urut 1,2,3,4

3)    Pilih marker 1 , kemudian letakan marker pada frekuensi yang kita pilih, kemudian tekan menu normal pada sisi layar.

4)    Berikutnya pilih marker 2, kemudian letakan marker pada frekuensi yang kita pilih, kemudian tekan menu normal pada sisi layar.

5)    Untuk marker 3 dan 4 langkah yang dilakukan sama dengan butir 3) dan 4), kemudian tekan tombol marker table, hasil pengukuran akan ditampilkan dalam menu marker

Pengukuran Sporious Emisi

Pedoman (reff) adalah frekuensi Video

Bandwidth (span diatur ± 20 MHz)

RBW                    : 3KHz   atau maximal 10 KHz

VBW                     : 100 Hz,300 Hz maximal 1KHz

Untuk sporious frekuensi yang bertanda negative (-) , maka frekuensi video diletakan pada garis kedua sisi kanan layar dan

Untuk sporious frekuensi yang bertanda positif (+) , maka frekuensi video diletakan pada garis kedua sisi kiri layar

2 pemikiran pada “TAHAPAN / LANGKAH-LANGKAH PENGUKURAN PARAMETER TEKNIS FREKUENSI RADIO SIARAN FM DENGAN MENGGUNAKAN SPECTRUM ANALYSER

  1. Wah..sialan..lg cari literatur buat lap TV di google ketemunya blog ini lg, yg paling mendingan lg…. Siiip lah Mahadi, upload & update terus ya..Bravo! Great..! Sekalian yg mapinfo lebih kumplit donk.. versi, aplikasinya, dll.. Gw dukung sepenuhnya.
    Luv it, ratna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s